×
×

Search in Mata Mata Musik

Kapan EXO Akan Kembali?

Source:

Sebuah analisis dan prediksi tentang kembalinya EXO yang dibuat oleh salah satu penggemar mereka.

Oleh: Exocomebaek. (All Kpop)

Lebih dari satu tahun telah berlalu sejak dirilisnya “Ko Ko Bop”, dan semua EXO-L (para pecinta EXO) telah sabar menunggu dan menemukan banyak cara untuk mengatasi kerinduan pada EXO. Meskipun kita suka “Ko Ko Bop” dan “Power”, kita khawatir boyband favorit kita akan memasuki tahun 2019, masih tanpa karya baru. Saya memutuskan untuk melihat bukti-bukti yang ada dan mencoba mengumpulkan jawaban atas pertanyaan yang sering kita semua pertanyakan, “Kapan EXO akan kembali?” (Tentunya, saya tidak benar-benar tahu pastinya, jadi jangan ambil serius analisis saya ini).

Pertama, satu hal yang kita tahu adalah mereka akan kembali sebentar lagi. Dengan melihat para personil yang belakangan ini baru saja mengganti warna rambut mereka, kita bisa tahu kalau sesuatu sedang dibuat. Kyungsoo sekarang berambut panjang (tidak terlalu panjang, hanya saja tidak seperti potongan lucu yang biasa kita lihat). Suho mewarnai rambutnya menjadi coklat madu, Baekhyun mewarnai rambutnya menjadi coklat abu-abu, dan rambut Sehun pun kini berwarna merah.

2 anggota EXO merubah warna rambut mereka. (Foto: All KPop)

 

Jongdae kini berambut coklat dan Minseok dicurigai memiliki perm. Kai memanjangkan rambutnya menjadi mullet dan Chanyeol mewarnai rambutnya tidak hanya sekali tetapi dua kali. Chanyeol terlihat memamerkan rambut pirang pada penampilan mereka di ‘Incheon Sky Festival’ dan di acara Tommy Hilfiger, tapi telah sekali lagi mengubah warnanya menjadi abu-abu, yang mana merupakan warna rambutnya saat ini. Ini bisa jadi warna rambut finalnya untuk kembalinya EXO. Kalau salah satu personil mengganti warna rambut mereka, kita bisa berasumsi mereka hanya ingin mengubahnya. Namun, melihat setiap personil mengganti gaya rambut mereka dengan caranya masing-masing, kita bisa percaya kalau hal itu bukanlah sebuah kebetulan.

Selain itu, di awal tahun ini, SM merilis line up yang menyebutkan bahwa Girl’s Generation akan kembali tepat sebelum EXO dan NCT 127 akan kembali setelah EXO. Dengan NCT 127 yang telah merilis video teaser, kita tinggal menunggu kabar kembalinya mereka. Ada juga laporan bahwa mereka sudah mulai syuting untuk video musik comeback mereka.

Melihat jadwal individu masing-masing personil, mayoritas personil sudah menyelesaikan proyek solo mereka. Kyungsoo selesai dengan peran aktingnya di “100 Days My Prince”, Sehun selesai dengan “Dokgu Rewind” dan berbagai penampilan modeling-nya, sama halnya dengan Kai. EXO-CBX juga selesai dengan promosi mereka untuk comeback terdahulunya. Dua lagu untuk stasiun SM, “Young” dari Baekhyun dan “We Young” dari Sehun dan Chanyeol juga sudah dirilis. Dilihat dari keseluruhan jadwal mereka, hanya Suho yang masih belum selesai dengan proyek solonya sementara acara musikalnya “The Man Who Laughs” akan tayang hingga akhir Oktober dan dia telah mengkonfirmasi akan terus membintangi tayangan tersebut sampai 19 Oktober. Ini bisa jadi hal terakhir yang perlu diselesaikan sebelum EXO bisa kembali.

EXO juga memiliki berbagai penampilan mendatang, yang memberi petunjuk kapan mereka mungkin akan kembali. Mereka menjalani konser kecil-kecilan di Seoul Plaza pada hari Kamis (27/9) untuk Korea Sale Festa. Di samping itu, pada 6 Oktober, EXO-CBX akan tampil di festival Gangnam. Mereka juga akan tampil kembali sebagai EXO di festival Busan One pada 20 Oktober.

Dikabarkan, EXO akan merilis dua lagu baru di akhir tahun 2018, satu dari album terbaru mereka dan satu lagi dari album mereka yang dikemas kembali. Hal ini berarti comeback mereka di tahun ini akan tiba sebentar lagi. Juga, dirumorkan bahwa Xiumin akan mengikuti wajib militer secepatnya di akhir tahun, karena dia sudah berusia 29 di Korea. Ini berarti bisa menjadi comeback OT8 terakhir di EXO dalam beberapa waktu. Sejak wajib militernya semakin dekat (meskipun kita semua berharap sebaliknya), ini berarti EXO akan harus cepat melakukan comeback agar punya waktu cukup untuk mempromosikan lagu barunya.

Rumor lainnya mengatakan bahwa Lay juga akan ikut serta dalam comeback ini karena dia terlihat berada di Korea Selatan selama beberapa minggu. Namun, karena dia melakukan debutnya di AS di bulan yang sama (19 Oktober), rumor tersebut tampaknya cukup tidak mungkin terjadi. Walaupun masih belum jelas, ada kemungkinan kecil bahwa Lay sebenarnya adalah member baru EXO sejak SM bisa saja berupaya memusatkan perhatian kepada Lay dan album solonya dengan menghadirkannya di video musik dan album terbaru meskipun tidak bisa melakukan promosi di Korea pasca perilisan.

Saya rasa kita bisa menepis kemungkinan EXO akan kembali hingga 6 Oktober, karena tampaknya tidak mungkin SM akan mengirim EXO-CBX untuk tampil di festival setelah EXO, sebagai grup lengkap, baru saja comeback. Kemungkinan besar mereka mengirimkan grup lengkapnya untuk acara-acara lain untuk membangun hype untuk lagu baru mereka. Seperti yang terlihat dari bagaimana album solo Lay akan dirilis pada 19 Oktober mendatang dan penampilan Suho untuk acara musikalnya yang akan berakhir di tanggal yang sama, kemungkinan mereka akan kembali sesaat sebelum atau sesaat setelah 19 Oktober.

Saya yakin mereka akan merilis lagu baru sesaat sebelum 19 Oktober karena Busan One Asia Festival adalah salah satu festival Kpop terbesar di Korea setiap tahunnya, dan festival tersebut akan menjadi tempat yang pas untuk mempromosikan lagu baru mereka. Selain itu, dari jadwal penampilan Suho, meskipun berakhir pada 19 Oktober, dia tidak akan tampil setiap malam, jadi memungkinkan kalau dia mulai promosi bersama EXO bahkan sebelum acara musikalnya dijadwalkan berakhir. Dengan demikian, antara 7 Oktober sampai sekitar 19 Oktober, EXO mungkin kembali. Kemungkinan besar SM tidak akan menjadwalkan perilisan mereka di minggu yang sama dengan perilisan Lay karena bisa mengalihkan perhatian dari Lay.

Prediksi saya (semua ini berasal dari saya sebagai penggemar berat EXO dengan tidak banyak sumber yang mendukung) adalah EXO akan kembali di minggu antara 7 Oktober sampai 14 Oktober. Selain itu, melihat tanggal perilisan beberapa comeback EXO lainnya (berdasarkan tanggal rilis video di YouTube), kebanyakan video comeback EXO diunggah pada hari kerja di paruh pertama minggu atau di hari Kamis, hampir tidak pernah di akhir pekan. Berlandaskan hal ini, tebakan saya mereka akan kembali sekitar atau tepat pada tanggal 10 Oktober, hari Rabu, tapi ini sepenuhnya berdasarkan analisis dan spekulasi saya sendiri.

Sebagai penggemar berat, saya berharap EXO akan benar-benar kembali secepat mungkin, tetapi sampai itu terjadi kita hanya bisa menonton kembali video-video lama mereka dan membuat teori kapan mereka akan kembali. Kalau kamu punya teori atau analisis yang berbeda, tulis di kolom komentar di bawah ini karena saya ingin mendengar pendapat kalian juga. Mengakhiri analisis ini, saya tidak percaya telah mencoba memprediksi kembalinya EXO dengan menganalisis bukti yang kita punya. Saya rasa ini hanya menunjukkan betapa inginnya kita melihat mereka segera kembali. EXO, kembalilah!

 

Keterangan foto utama: EXO berpose di depan Dubai Fountain. (Foto: Dubai Tourism)

Sumber: https://www.allkpop.com/article/2018/09/when-is-exo-coming-back-an-analysis-and-prediction 
Posted on September 26, 2018

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

BTS

BTS dan Charli XCX Berkolaborasi?

BTS bersama Halsey di lagu hit mereka yang mendunia “Boy With Luv” –dan sekarang, mereka tampaknya bekerja sama dengan putri pop lainnya. Baca Juga: B

on May 24, 2019
NU’EST

NU’EST Kembali Dengan VM Spesial “Talk About Love”

Video penanda comeback mereka sebagai kuintet! Baca Juga: NU’EST Sebar Foto Teaser Terbaru Untuk Rilisan Mendatang Seperti yang banyak orang tahu, NU

on May 22, 2019
ASTRO

ASTRO Luncurkan VM “1 in a Million”

Lagu sisi B dari rilisan terakhir mereka, All Light. ASTRO memamerkan kelucuan mereka di video musik baru yang menjadi kejutan untuk para penggemar berjudul

on May 21, 2019
GOT7

GOT7 Kembali dengan EP Baru, Spinning Top

EP baru mereka dirilis kemarin (20/5), bersamaan dengan video musik untuk single debut EP, “Eclipse”. Baca Juga: GOT7 Pastikan Mampir ke Asia di Rangkai

on May 21, 2019